Thursday, December 24, 2015

Berjuang melawan luka
Yang tak kentara oleh mata
Rasa yang seharusnya ada
Buaian yang melena pun sirna

Peluk aku sayang
Hingga ingin ini menghilang
Dekap aku kencang
Dan hatiku pun tenang

Inginku ternyata bukan inginmu
Mauku pun bukan maumu
Surut oleh waktu
Dan aku kembali terpaku pilu

Tuesday, July 21, 2015

SERENDIPITI DI PULAU BANDA NAIRA

Pernah mendengar Pulau Banda Naira. dimana tuh? kayaknya ngga pernah denger. yupp.. pulau ini ada di gugusan kepualaun di maluku. kalau dari jakarta, butuh waktu 3 jam naik pesawat. turun di ambon, trus lanjut naik ferry ini selama 8 jam. jauh ya? udah lama banget gw pengen kesini. akhirnya kesampaian desember 2014.
        (kapal ini membawa kita dari ambon ke banda naira, dng jarak tempuh 8 jam)

tau kan jauhnya ini tempat? karena itulah jaman penjajahan dulu, belanda rajin banget buang2 tokoh pejuang kemerdekaan ke tempat ini. sebut saja bung hatta, sutan sjahrir dan dr cipto mangunkusumo. gw aja yang pake pesawat bilang jauh. gmn mereka, yang pake kapal laut kesini?

(di rumah pengasingan bung hatta. lihat baju dan foto diatas. bela2in pake baju ini. dan thx god fotonya sama)

di rumah ini bung hatta punya sekolah untuk anak2 banda. salah satu muridnya adalah des alwi. meski pulau banda ini kecil, namun memuat sejarah yang besar buat indonesia.

gw ikut trip ke banda naira bareng sama ceria traveler, punya nya nina wong. yang ikut trip ada 20an orang. semuanya gw ga kenal blas. tau kan kalo di remote area kayak gini, sinyal pun susahnya minta ampun.sosialisasi tanpa gadget membuat kita semakin dekat. ya, karena tak ada signal, hanya ngobrol lah yang kita lakukan. kembali ke cara tradisional, namun amat lekat di hati. oh God, gw rindu masa2 tak ada internet dan smart phone.

(ngobrol, makan enak, tidur enak. emejing!!!)


pulau banda adalah pulau rempah. ada pala, kayu manis. demikian pula terkenal dengan kenari nya. gw nginep di cilu bintang yang dikelola oleh abba, seorang lokal banda. tempat ini enak banget. sangat bertaraf internasional. apalagi makanannya. diolah dengan rempah2 kenamaan pulau ini seperti kayu manis. salah satu yang saya suka adalah terong dengan bumbu kenari plus kayu manis. enaaakk.

(bersama mba susan dan kak tina. kami tak sengaja memakai baju dng warna yang sama)

sosok puteri pendiam, namun jelita. ia sangat rendah hati dan baik. kamu akan semakin suka kalau kamu mengenalnya lebih dekat. itulah sosok banda naira yang gw rasakan. setiap pergi kemanapun, gw selalu menganalogikan tempat itu dengan seseorang. yang mengejutkan, abba, pengelola hotel cilu bintang mengungkap nama cilu bintang yang nota bene adalah seorang puteri asal banda pada jaman dulu yang cantik jelita. omigod.. kenapa bisa sama ya?


di depan hotel ada benteng peninggalan penjajah. namanya benteng belgica. kalau ke banda jangan lupa kesini saat sunset. indah banget. apalagi pas saya kesana, dua orang anak buah abba, memainkan gitar dengan lagu2 khas maluku. trus tante lily, salah satu peserta berinisiatif nari poco2, gerakan itu menjadi viral dan diikuti oleh peserta trip lainnya. termasuk saya. menari diatas benteng eksotik, ditemani sunset dan pemandangan indah. subhanallah... itu saja yang bisa saya katakan. 



(gw akan mengenangnya menjadi salah satu moment indah dlm hidup)

(benteng belgica dari depan)




lagi.. lagi... kenidahan laut, dari atas laut sampai dalamnya, emejing




perjalanan ke banda ini, gw sebut perjalanan hati. perjalanan menemukan jati diri. perjalanan spiritual. dimana seketip makna tentang mind, soul dan body gw temukan. maka, jalan-jalanlah kamu. jangan sayang sama uang yang dikeluarkan. karena pada akhirnya, semua itu lebih berharga dari uang. meski untuk kesana juga butuh uang sihhh ahahaha... let's get lost...

#serendipiti: menemukan kebahagiaan yang tak disangka2

Thursday, December 18, 2014

ANTI GALAU ALA BUNG HATTA


"BIARLAH PENGALAMAN MASA LALU KITA MENJADI TONGGAK PETUNJUK, DAN BUKAN TONGGAK YANG MEMBELENGGU KITA" -M.HATTA

Sunday, November 16, 2014

KARAWACI-BEKAZI

*BEKAZI ADALAH BEKASI. YANG DISINI HANYA ISTILAH YANG MENUNJUKKAN JARAK YANG JAUH ATAU WAKTU YANG LAMA. BEKASI MENDAPAT BULLY AKHIR-AKHIR INI. KARENA UNTUK MENUJU BEKASI BUTUH WAKTU YANG LAMA AKIBAT MACET.



















cinta; ada apa denganmu?
kenapa tak jua datang
macetkah di jalan?
atau mungkin
rumahmu di bekazi

aku bisa merasakanmu
meski tak melihatmu
auramu terasa di tengkukku malam ini
pelukmu pun seolah nyata

makasih cinta
aku tunggu ya
sebab rumahku di karawaci
dan kamu di bekazi

jauhnya dua purnama

maka.. kita namai saja tulisan ini
bukan karawang-bekasi
melainkan.. karawaci-bekazi

17112014

SEPI


















halo jiwa-jiwa kesepian
apa kabarmu malam ini?
hai sang pengemis perhatian
masihkah kau merasa sepi?

aku ingin merdeka
bebas dari rasa sepi
yang mengiris hati setiap depa
yang membuatku ingin mati

jiwa kesepian
sang pendamba cinta
pengemis perhatian
dan kafir pelukan

sapalah aku malam ini
hingga redalah sakitku
sampailah pada suatu kalimat
engkau tidak sakit, sayang
engkau hanya kesepian

09112014

PELANGI















hai,
kamu seperti pelangi
bisa dipandangi sesuka hati
tapi tak bisa dimiliki

hai pelangi
laksana bayang-bayang imaji 
yang hanya ada dalam mimpi 
bukan realiti

23102014

Friday, October 17, 2014

=BENCI=





benci ini terasa sangat menumpuk
amarah yang membuat sumpek
hati terasa sesak
bahagia, tak pny ruang gerak

kemana aku harus menengok
bila sedih dan pilu yg aku peluk
karena tak seorangpun kan melongok
mengenai hatiku yang sepi dan berkerak

Thursday, September 11, 2014

IMPIAN, SAYA, ALAM DAN TUHAN

Empat kata diatas menjadi satu padu, sempurna. Layaknya sebuah symphony orcherstra sedang memainkan sebuah lagu. Indaaaahhhhhh banget.

15 Agustus 2014
Hari yang menurut saya hari paling menegangkan buat saya. Ya, saya memberanikan diri untuk menaiki gunung tertinggi di Jawa. Semeru. Gunung Maha Dewa. Mahameru. Dan you know what? ini adalah pendakian pertama saya. pertama sodara sodaraaa
Kaki ini melangkah dengan awal yang penuh keraguan. Mampukah saya menapaki jalur-jalur pendakian? dalam hati, saya hanya berserah diri saja pada Tuhan.
Kaki melangkah, mulut berdoa. hanya itu yang bisa saya lakukan. ketika di tengah jalan, saya sempat merasa menyesal. kenapaaa gw kesini.... capeeekk.... huhuhu... pegel bingittsss ni kaki. masih jauh pula.  tapi saya sudah diperingatkan, jangan sekali-kali ngeluh capek ya. nanti malah ga bisa jalan dan ga nyampe2. okeh. saya alihkan perhatian saya hanya pada jalan setapak, dan tentu saja menikmati keindahan alam disekeliling saya.

Huaaaa... mendaki, menurun, 4 jam!!! sampe juga di Ranu Kumbolo. Masya Allah.... saya merasa beruntung sebagai manusia yang diberi penglihatan, beruntung diberi kaki, diberi kesempatan dan lain sebagainya.. hingga akhirnya sampai ke tempat surga ini. 

semua capek, pegel, kaki sakit semua ilang seketika setelah lihat danau ini. belive me. you are not gonna regret it!!!


8 orang teman saya, yang semua laki-laki langsung membangun tenda. kalau saya, liatin aja hehehe... ketika malam datang, alamaakk dinginnya itu... sampai menusuk tulang!. sampai akhirnya sulit sekali untuk memejamkan mata. 

malam di ranu kumbolo memang gelap. tapi coba dongakkan kepala ke atas langit. beribu bintang terlihat dengan jelas dan indah. 

esok pagi agak terkejut melihat air yang ditaruh di dalam botol aqua berubah menjadi es.


emejing banget ga sih. pantes aja tadi malem itu dinginnya ga ampun2.
okeh. poto2 dh di ranu kumbolo bersama teman seperjalanan.


di foto ini ada mandut, yoyo, anas dan agung. teman yang baru pertama kali ketemu, dan sebelumnya ga pernah kenal. hhehe... semua orang jakarta. tapi.. omigot.. mereka menerima saya yang baru pertama kali naik gunung. sedangkan mereka ga tau deh udah berapa kali.

ini aja udah bagus ya... selanjutnya akan banyak kejutan2 lain yang beyond your expectation. 
tanjakan cinta. sebuah tanjakan yang lumayan tinggi dan curam. serasa ga nyampe2. tapi sehabis itu sebuah pemandangan oro-oro rombo, padang rumput ilalang dan bunga lavendr menyambut kita semua. sekali lagi.. subhanallah.. maha besar Allah... terucap dari mulut dan hati.

berjalan adalah aktivitas yang selalu kita lakukan disini. ayo kaki, kuatlah....
melewati cemoro kandang, mulai perjalanan agak berat. pasalnya menanjak teruuusss.....
kemudian..... sampai di jambangan. nah disini mahameru terlihat begitu jelas....
lanjut lagi ke kalimati. 



sayang, saat itu tak diijinkan untuk melanjutkan perjalanan oleh para ranger dan petugas di sana. huhuhu sediihh.. suatu saat saya mau kesana!!!!

akhirnya balik lagi ke ranukumbolo. bobok-bobok diantara kedinginan malam. sampai besoknya, bangun. daaannn hari itu adalah hari kemerdekaan kita... 17 agustus 2014.

beruntung buat saya. saya bisa merayakan hari kemerdekaan di ranu kumbolo. upacara telah disiapkan panitia. bendera di keret sampai ke ujung tiang. sedangkan para pendaki menyanyikan indonesia raya. sungguhh.. membuat saya terharu. hampir saya menangis.....

kenangan ini akan saya bawa sampai mati. sungguh!!!

hingga akhirnya kami memutuskan untuk turun.. berjalan kembali... menyusuri jalan.. 

banyak sekali hal yang saya dapatkan dari pengalaman saya kali ini.

impian apapun akan tercapai bila kamu teguh memegangnya. setapak demi setapak jalani, dengan berbagai halangan, nikmati semua rintangan, dan kemudian tanpa disangka engkau telah sampai kesana. 

begitu banyak kejutan2 indah yang tuhan beri kepadamu saat kamu tengah mengusahakan sesuatu, yang mungkin kamu tidak tahu kamu akan mendapatkannya atau tidak.

sebuah pengalaman, tak mungkin diukur dengan besarnya uang yang kau keluarkan. artinya sih.. gak rugi biarpun udah keluar uang banyak,

sebuah perjalanan spiritual.. sebuah perjalanan impian, yang sebelumnya tak pernah saya bayangkan bisa diwujudkan. sebuah symphony indah antara impian, saya , alam dan tuhan... 



Wednesday, May 07, 2014

Oneng tapi Smart Heart















Gadis ini baru berusia 19 tahun. Bisa dipastikan tahun kelahirannya berada di era 90-an. Tepatnya tahun 1995. Saat itu saya sudah duduk di kelas 1 SMA, ayu demikian biasa dia panggil, baru brojol ke dunia. Untuk seumuran saya, ayu ini boleh dibilang masih bau kencur, mengingat jauhnya usia kami berdua. Lalu apa yang istimewa dari si gadis ini?

Oke.. Saya ceritakan awal saya pertama kali bertemu dengan cewek berambut panjang ini ya. Ketika itu, Saya sedang mengerjakan reka ulang Detak. Sebuah Documentary Drama bergenre kriminal. Hari sudah menginjak siang. Satu persatu para talent datang ke lokasi syuting. Tak lama, seorang gadis tiba. Saya pun tak menaruh perhatian lebih padanya. Melihat wajahnya pun tidak.

Kejenuhan saat syuting kemudian melanda saya. Take gambar berulang-ulang, menunggu dan menunggu sungguh membuat saya bosan. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil tempat di kamar, untuk sekedar berbaring sejenak. Saat itulah, seorang wanita masuk ke kamar saya. awalnya dia lah yang memulai perbincangan. Yaa karena diajak ngobrol, saya pun menyahut seadanya. daaan.. jeng2.. sebuah pertanyaan keramat yang paling saya hindari untuk didengar.

ayu: "kakak umurnya berapa?"
gw: "35"
ayu: "udah merit kak?"
gw: (karena bosan dng pertanyaan itu, saya jawab sekenanya saja)  "gw lesbi ga suka cowok"
ayu: (muka bengong) "......."
gw: "kenapa? takut ya sama gw? ahahahahaa"
ayu: "ah ngga kok, aku juga pernah ditaksir cewek, waktu jadi spg. aku kaget banget lho kak. dia bilang aku maniss gitu"
gw: "heee???"

buset. ni anak responnya ga seperti yang saya kira sebelumnya. akhirnya saya jujur saja, cuma bercanda. ngeri juga kalo ternyata dia beneran suka cewek juga khan. heheheh.. lanjut cerita, akhirnya kami ngobrol ngalor ngidul kemana-mana. dan banyak dari obrolan kami  yang menjelaskan cewek seperti apa dia sebenarnya.

ayu: kak, habibie itu kan orang intelijen
gw: maksud lo? kayak spionase mata mata gitu?
ayu: buukaannn... intelijen kak yang... mmm apa ya yaitu intelijen
gw: apaaaaa..
ayu: aduhh apa yaa??
gw: oowww maksud lo intelligent? orang pinter..
ayu: nah iya itu
gw: -__-

beberapa obrolan pun agak ga nyambung. tapi hal itulah yang membuat saya senang, senang dalam artian mengerjai anak polos ini. hehehe.. tiba-tiba datang ronald, kameramen, ikut bergabung. ia pun bingung kenapa saya berlama2 di kamar dan ketawa cekakak cekikik di dalam kamar. bukan kebiasaan saya soalnya untuk akrab dan ngobrol panjang lebar dengan talent. barulah setelah beberapa saat kami ngobrol bertiga, akhirnya ronald tahu, apa yang membuat saya senang mengobrol dengan anak ini.

ronald: kamu tau bedanya bercumbu dan bercinta?
ayu: kalau bercinta itu ngobrol pacaran. kalau bercumbu itu ya ituuuu... gitu2an
ronald: waduhh.. itu kebalikk..
ayu: oww kebalik ya kak?
ronald: terus sekarang, apa yang kamu tau ttg bercinta?
ayu: making in love..
ronald: apaaa artinya?
ayu: bikin orok
ronald dan gw : -___-

ayu pun mengaku kalau ia sering dikatai oneng seperti jessica iskandar. haduuhhhh.... rada2 oon ternyata. hehehe...

by the way... tiba-tiba dia bertanya tentang golongan darah saya. dan dia menceritakan tentang karakter berdasarkan golongan darah. daann.. ooww.. semua yang dia katakan tepat. karakter golongan darah O yang dia gambarkan tepat sesuai dengan sifat-sifat saya selama ini. berikut penjelasan golongan darah lainnya dan pasangan yang tepat bagi golongan darah masing-masing. lalu saya bertanya. kamu baca dari mana? atau pernah belajar darimana? dengan santai dan muka polosnya dia cuma bilang, dari pengalaman kak.

ini anak keren juga ya. benar juga apa yang dibilang, setiap orang memiliki kekurangan, namun juga mempunyai kelebihannya masing-masing.

terus, dia pun menebak isi hati dan pikiran saya. kakak pasti sekarang lagi ada yang dipikirin ya? saya cuma menjawab ya banyak lah.. trus kata dia, kak, kalau berhubungan dng lelaki jangan yang sama lebih tua aja. kakak pastinya mau yang lebih tua kan? ukuran kedewasaan ngga berpatok umur lho. jadi kalau ada yang lebih muda deketin kakak, jangan dianggap remeh. nnnahhh.. darimana perkataan itu muncul coba? waduh ni anak kayak cenayang banget. di satu sisi pengetahuan dia tentang informasi sangat minim. tapi kalau masalah hati dan perasaan kayaknya jago banget nih.

kalau analisa saya, karena ni anak agak sulit untuk berfikir rumit, maka insting atau apalah istilahnya sangat terasah. seperti halnya dengan orang yang buta, maka indera pendengarannya akan semakin tajam.

bagaimanapun itu, kartika ayu, memiliki perpaduan karakter yang unik, yang jarang banget saya temui. teman yang menyenangkan, bisa dibully, tapi juga bisa dimintai nasehat tentang masalah hati. hehehee..


"setiap orang memiliki kekurangan. namun, diantara banyak kekurangan itu, ada kelebihan yang tidak disangka-sangka. jadi respect to each other. jangan memandang rendah atau remeh seseorang"


















ekspresi gw saat mendengar celotehan lugu dan onengnya ni anak